Kamis, 26 Juli 2012

Inilah Salah Satu Sisi Keindahaan Alam Dari Provinsi Riau


Sungai Kampar kiri yang di sebut juga sungai subayang terletak di kabupaten Kampar provinsi riau, tak banyak yang tau kalau riau juga punya keindahan alam yang cantik selama ini masyarakat luar tau riau hanya sebagai penghasil minyak bumi, kelapa sawit, kelapa, kayu, kabut asap dll.

Untuk itu mari kita lihat sisi lain dari daerah ini..


Di sungai subayang masih berlaku sampai sekarang transportasi air baik yang menggunakan mesin ataupun masih tradisional, yang menggunakan mesin biasa nya masyarakat menyebutnya dengan nama Johnson karena merek dari mesin di perahu tersebut Johnson, ada juga yang memakai mesin robin nama merek mesin juga, dan ada yang memakai dayung ini lebih untuk pergi ke kebun yang menelusuri sungai subayang ini. Gambar di atas ketika menaiki perahu jonhson menuju kearah hulu dari sungai subayang.

Ketika menyusuri sungai yang masih sangat alami ini di kiri dan kanan selama perjalanan ini kita akan di suguhkan oleh pemandangan alam yang indah bukit bukit yang tinggi tidak pernah hilang dari pandangan kita begitu juga pepohonan yang warna warni di hutan alami di sepanjang sungai ini.






Lelah dalam perjalanan akan semakin tidak terasa ketika semakin ke hulu dari sungai ini karena akan banyak pulau – pulau kecil yang ada di pinggir dan tengah sungai ini yang bisa di jadikan tempat istirahat dan menyantap makanan sekaligus menikmati dinginnya air yang mengalir di sungai subayang, banyak masyarkat yang melintasi sungai ini menjadi pulau tersebut sebagai tempat istirahat makan sambil bakar ikan dari hasil tangkapan di sungai, hmmm pengalaman yang luar biasa bukan !














Sungai ini juga bisa di nikmati sebagai wisata arum jeram dengan arus nya yang deras dan memiliki bebatuan besar di beberapa tempat tentu ini adalah potensi wisata yang menjanjikan bagi provinsi riau yang sekarang masih bererientasi ke industry dan perkebunan, di tambah sejak mulai di ketahuai nya ada gunung di daerah ini yaitu gunung djadi akan semakin berpotensi untuk di kembangkan































Sungai ini juga masih di gunakan masyarakat sekitar sebagai kegiatan sehari – hari seperti mandi, mencuci dll. Karena masyarkat di sini tidak bisa di pisahkan dari sungai ini semua kegiatan hampir bertumpu di sungai ini semua *jendriuno









0 komentar:

Poskan Komentar