Jumat, 03 Agustus 2012

Kompang | Alat Musik Tradisional Masyarakat Melayu


Kompang ialah sejenis alat musik tradisional yang sangat dikenal di kalangan masyarakat Melayu. Ia termasuk dalam kategori musik gendang. Kulit kompang biasanya terbuat dari kulit kambing.


















pemain kompang


Sejarah Kompang di Nusantara

Alat musik ini berasal dari Arab dan diperkirakan dibawa masuk ke kawasan tanah Melayu pada masa Kesultanan Malaka oleh pedagang India Muslim, atau melalui Jawa pada abad ke-13 oleh pedagang Arab. Ada juga yang mengatakan bahwa kompang berasal dari Parsi dan digunakan untuk menyambut kedatangan Rasulullah S.A.W. pada waktu itu. Selain itu, kompang juga digunakan untuk memberi semangat kepada tentara-tentara Islam ketika berperang.





Cara Memainkan Kompang

Kompang dimainkan secara beregu dalam keadaan duduk, berdiri atau berjalan. Jika kompang dimainkan dalam acara berzanji, pemain akan duduk bersila atau duduk di atas kursi. Jika dimainkan dalam acara pernikahan dan pawai menyambut pejabat daerah atau pejabat negara, pemain kompang ini berjalan mengiringi pengantin atau pejabat daerah, atau pejabat negara tersebut.

Kompang dimainkan dengan menggunakan kedua belah tangan. Sebelah tangan memegang kompang, dan sebelah tangan lagi memukul kompang. Terdapat tiga rentak dalam permainan kompang, yaitu rentak biasa, rentak kencet, dan rentak sepulih. Rentak yang biasa dimainkan ialah rentak biasa. Rentak kencet ialah rentak di tengah-tengah pukulan, kemudian seolah-olah terhenti seketika. Sedangkan rentak sepulih dimainkan untuk kembali pada rentak lagu pertama.




































































































2 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Dear Sir/Madam, I am Kana, editor from a publishing company in Malaysia. My company is appointed by Ministry of Education Malaysia as the official publisher for Physics textbook that will be used in Malaysia. I would like to use an image from your blog for educational purpose in this Physics textbook. Kindly contact me via email 2422kana@gmail.com by 4th July 2019 so that I can send you the official letter and the necessary attachments.I tried reach you at jendryuno@gmail.com but the email could not be sent.

Posting Komentar